Download Film Fast And Furious Hobbs And Shaw FULL HD 1080

Fast And Furious Hobbs And Shaw

Fast & Furious Presents Hobbs & Shaw merupakan film yang ber Genre Action, Adventure. Film aksi Amerika tahun 2019 ini disutradarai langsung oleh David Leitch dan ditulis oleh Chris Morgan dan Drew Pearce, dari sebuah cerita yang digagas Morgan. Banyak teman teman yang salah mengartikan tentang film ini. Jadi ini merupakan subseri (spin-off) dari seri …

Read moreDownload Film Fast And Furious Hobbs And Shaw FULL HD 1080

KAOS COTTON COMBED 30S

Kaos Standart Distro Bagi teman teman pecinta kaos sudah tau donk dengan bahan kaos yang satu ini, ya Nama bahannya cotton combed 30s ini merupakan bahan kaos yang lebih tipis daripada 24s dan lebih tebal dari 40s. Banyak dari kalangan pemuda yang suka dengan Kaos berbahan cotton combed 30s ini, kenapa? karena kaos dengan bahan …

Read moreKAOS COTTON COMBED 30S

6 Camilan Langka Khas Indonesia yang Sulit di Jumpai

Rasanya enak, tetapi semakin sulit ditemukan nih Suka wisata kuliner makanan khas Indonesia? Sudah cobain camilan ini belum? Camilan berikut ini sudah jarang ditemukan lho. Tidak banyak diketahui masyarakat, kudapan khas ini semakin sulit untuk ditemukan. Kalau kamu punya kesempatan untuk mengunjungi tempat asalnya, jangan lupa coba camilan-camilan berikut ini ya! CLOROT Asing dengan nama …

Read more6 Camilan Langka Khas Indonesia yang Sulit di Jumpai

5 Tips Dasar Bagi Fotografer Pemula Yang Harus Diperhatikan

Fotografer, Recentpedia, Media Informasi

Hal Paling Mendasar Bagi Fotografer Kenali dasarnya, latihan praktek kemudian Sering dianggap susah, ternyata fotografi tak serumit kelihatannya lho. Sembari menunggu untuk momen liburan datang, tidak ada salahnya lho belajar untuk menggunakan kamera dari sekarang. Siapa tahu potret liburanmu nanti akan terlihat makin instagram-able dan ciamik, kan? Untuk mempermudah proses belajarmu, berikut ini ada 5 …

Read more5 Tips Dasar Bagi Fotografer Pemula Yang Harus Diperhatikan

5 Handphone Murah 1 Jutaan dengan Baterai Besar

Handphone, Spesifikasi Handpone, Hp Murah, Recentpedia, Media Informasi

Macam Macam Handphone dengan kapasitas baterai besar tenang aja harganya nggak bikin kantong bolong kok! Bagi para millenials yang memiliki kegiatan padat, memilih handphone dengan kapasitas baterai besar umum menjadi pertimbangan. Pasalnya karena begitu sibuknya, kerap kali lupa melakukan charge handphone. Sudah lupa eh nggak bawa power bank lagi, berantakan deh semua kegiatan. Apakah kamu …

Read more5 Handphone Murah 1 Jutaan dengan Baterai Besar

Makanan Lezat Kreasi dari Ikan Sarden Kalengan yang harus di Coba

Resep Ikan Sarden Kalengan, Makanan Lezat, Recentpedia, Kuliner

Resep Masakan Lezat Dari Ikan Sarden Kalengan Di artikel kali ini mimin coba deh kasih tips tipis tipis masakan lezat yang sehat dan tentunya mudah banget praktekan di rumah Makanan ikan kalengan ini memang banyak diburu oleh masyarakat sebagai makanan ‘simpanan’ dalam kulkas karena penyajiannya yang praktis, cukup dipanaskan maka ikan sarden tersebut bisa langsung …

Read moreMakanan Lezat Kreasi dari Ikan Sarden Kalengan yang harus di Coba

Macam-Macam Norma: Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Contoh

Macam-Macam Norma, Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Contoh, Recentpedia, Media Informasi

Macam-Macam Norma: Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Contoh

Untuk kamu yang belum paham dengan materi norma, kami akan membahas tuntas dalam artikel ini. Ada beberapa bagianny, kami menjadikan beberapa sub judul yaitu mulai dari pengertian norma, macam-macam norma dan contohnya serta sanksi yang akan didapat, fungsi norma, tujuan, dan manfaat norma. Langsung saja mari kita mulai.

Ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan  bermasyarakat disebut norma atau kaidah. Setiap orang dalam lingkungan diikat oleh ketentuan, maksudnya semua orang di area itu harus menaati norma yang berlaku saat itu. Disisi lain, ketentuan memiliki nilai yang menjadi landasan tingkah dan perilaku masyarakat.

Norma merupakan unsur luar dari suatu ketentuan yang mengatur tingkah dan perilaku semua orang dalam masyarakat, sedangkan nilai merupakan unsur di dalamnya/ unsur kejiwaan dibalik ketentuan yang mengatur tingkat dan perilaku tersebut.

terkadang norma hanya berlaku di lingkungan masyarakat tertentu dalam suatu Daerah. Namun ada norma yang bersifat global (universal) yang berlaku di semua Daerah dan semua masyarakat. Misalnya seperti larangan membunuh, menganiaya, mencuri, dan lainya.

  • Macam-Macam Norma dan Contoh

  1. Norma Susila

Peraturan yang bersumber dari hati nurani manusia disebur Norma susila. Yaitu ang menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.

Hal tersebut mendorong masyarakat untuk selalu berbuat baik serta mencegah masyarakat untuk melakukan perbuatan yang buruk karena bertentangan dengan hati nurani manusia pada umumnya.

Contoh-contoh norma susila:

dilarang mencuri.

Dilarang membunuh.

Hormatlah kepada siapapun.

Bersikaplah yang jujur.

Apabila melanggar norma susila akan mendapat sanksi  yaitu perasaan masyarakat tersebut yang berakibat timbulnya perasaan menyesal.

  1. Norma Kesopanan

Ketentuan hidup yang bersumber dari pergaulan masyarakat  disebut Norma Kesopanan. Yang  didasari oleh beberapa hal diantaranya yaitu kebiasaan, kepatutan, kepantasan yang berlaku.

Norma sopan santun, tata krama, atau adat istiadat disebut juga Norma kesopanan.

Contoh-contoh norma kesopanan:

Hormatilah orang yang lebih tua.

Ketika berangkat sekolah pamitlah kepada orang tua dahulu.

Pakailah pakaian yang rapi saat mengikuti pelajaran di sekolah.

Jangan meludah di dalam kelas.

Celaan dari sesama, dipandangan rendah orang disekeliling, dibenci, dijauhi, hingga menimbulkan rasa hina, malu, dikucilkan yang mengakibatkan penderitaan batin. Itulah sanksi yang didapat ketika melanggar norma sopan santun.

  1. Norma Agama

Ketentuan hidup yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa disebut Norma agama. Yang berisi tentang perintah-perintah, ajaran, dan larangannya.

Norma tersebut berasal dari wahyu Tuhan dan mempunyai nilai yang funda mental yang mewarnai macam-macam norma yang lain, seperti norma kesopanan, norma susila, dan norma hukum.

Contoh-contoh norma agama:

Janganlah saling membunuh kepada sesama.

Jangan merampok harta orang lain.

Dilarang  berbuat senonoh.

Hormatlah kepada kedua orangtuamu.

Ketika melakukan pelanggaran norma agama sanksinya dari Tuhan kelak di akhirat, yaitu berupa siksa neraka jahannam.

  1. Norma Hukum

ketentuan yang dibuat oleh pejabat yang berwenang yang memiliki sifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusi adalam per­gaulan hidup di masyarakat dan mengatur tata tertib kehidupan bermasyarakat disebut norma hukum.

Contoh-contoh norma hukum:

Berada di Pasal 362 KUHP: barang siapa mengambil suatu barang yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain dengan maksud untuk dimiliki secara melawan hukum akan diancam karena tindak pencurian dengan pidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak enam puluh juta rupiah.

Dan berada di Pasal 40 ayat (1) UU No 15 Th 2002: setiap orang yang melaporkan terjadinya dugaan tindak pidana pencucian uang, wajib diberi perlindungan khusus oleh negara dari kemungkinan ancaman yang membahayakan diri, jiwa, dan atau hartanya, termasuk keluarganya.

Diatas adalah beberapa contoh dari norma hukum.

Apabila melakukan pelanggaran norma hukum bisa terkena sanks berupa pidana penjara atau denda atau pernyataan tidak sahnya suatu tindakan. Hal tersebut bisa dipaksakan oleh lembaga yang berwenang.

Fungsi Norma dalam Masyarakat

Berikut ini beberapa fungsi norma dalam kehidupan:

Untuk mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku.

Menciptakan ketertiban dan keadilan dalam bermasyarakat.

Menciptakan kenyamanan, kedamaian, dan kebahagiaan.

Menciptakan keselarasan hubungan.

  • Tujuan Norma

Tujuan Norma ialah untuk menjadi pedoman, arahan, dasar, dan tata tertib bagi anggota masyarakat agar tercipta masyarakat yang teratur dan tenteram itulah tujuan dari norma , sekaligus untuk mengatur tingkah laku masyarakat serta membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Apabila kita menaati norma, maka akan terciptanya tatanan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, damai dan sejahtera.

  • Manfaat Norma

Maka dengan adanya norma maka kegiatan masyarakat akan lancar dan tertib sehingga kehidupan akan berjalan harmonis.

Manfaat norma dalam kehidupan masyarakat yaitu:

Mencegah munculnya perselisihan dalam masyarakat.

Meningkatkan kerukunan antar warganegara.

Membatasi perilaku warga agar tidak menyimpang.

Bisa menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa.

Nah, selesai sudah pembahasan kita mengenai macam-macam norma dan sanksinya, serta berbagai contoh norma-norma yang ada. Apabila kamu belum paham mengenai fungsi, manfaat, dan tujuan norma kami persilahkan bertanya di kolom komentar. Selamat belajar!

Norma Susila, Norma Kesopanan, Norma Hukum, Norma Agama, Norma Kesopanan, Norma Susila, Norma Kesusilaan, Contoh Norma Kesusilaan, Contoh Norma Hukum, Sumber Norma, Definisi Norma, Macam Macam Norma, Norma Adat, Ciri Ciri Norma Kesusilaan, Macam Macam Norma dan Gambaran, Macam Macam Norma Tidak Tertulis, Macam Macam Norma Masyarakat, bagian macam macam norma

Read moreMacam-Macam Norma: Tujuan, Manfaat, Fungsi, dan Contoh