Contoh Negosiasi Bisnis dan Struktur Kalimat Yang Benar

Teks Negosiasi – Pada saat tawar-menawar, pernahkah Anda mendengar kata ‘negosiasi’? Pada pelajaran Bahasa Indonesia, negosiasi tidak hanya kata-kata saja, namun juga dapat dijadikan berupa teks yang mempunyai aturan dan struktur tertentu.

Artikel kali ini kita akan mengulas lengkap contoh teks negosiasi yang baik dan benar. Beberapa contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi, contoh teks negosiasi jual beli, contoh teks negosiasi di sekolah, contoh teks negosiasi pemecahan konflik, contoh teks negosiasi larangan, contoh teks negosiasi formal, dll.

Pengertian Teks Negosiasi

Pengertian Text Negosiasi, Recentpedia, Contoh Nego

Pengertian Teks Negosiasi adalah sebuah teks yang berbentuk interaksi sosial yang terjadi dimasyarakat dan dilakukan oleh lebih dari 2 orang atau instansi dengan kepentingan yang berbeda guna untuk mencapai sebuah kesepakatan akhir bersama yang tidak menguntungkan atau merugikan satu pihak saja. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam sebuah negosiasi berhak atas hasil akhir yang kurang berkenan dengan kondisi dan situasi pihaknya.

Awalmula dilakukannya negosiasi apabila dalam bertinteraksi terdapat kendala dalam menyelesaikan permasalahan atau untuk menawarkan solusi yang dirasa jauh lebih baik dari solusi sebelumnya. Teks negosiasi biasanya menghasilkan kesepakatan yang keuntungannya sama rata dan memprioritaskan kepentingan bersama. Apabila hasil akhir masih dirasa menyudutkan salah satu pihak maka, akan dilakukan negosiasi kembali.

Struktur Teks Negosiasi

Pengertian Text Negosiasi, Recentpedia, Contoh Negosiasi

Pada sebuah teks negosiasi biasanya terdapat tiga jenis struktur negoisasi yaitu struktur negoisasi umum, struktur negoisasi jual-beli, dan struktur negoisasi pengajuan/permohonan.

Adapun struktur negoisasi umum hanya terdiri dari tiga unsur yaitu:

  • Pembukaan yang berisi ucapan sala.
  • Isi yang besisikan maksud.
  • Penutup yang besiikan kalimat penutup seperti salam dan cuapan terimakasih.

Lain halnya dengan negoisasi jual-beli dan pengajuan/permohonan yang memeiliki beberapa unsur yang memenuhi standar negosiasi yang layak. Pada struktur ini dijDonikan panduan ketika sesorang ingin melakukan sebuah negosiasi atau membuat teks yang mengandung nilai negosiasi.

  • Orientasi

Struktur pertama adalah orientasi yang merupakan kalimat pembuka berupa ucapan salam dan ucapan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk melakukan negosiasi.

  • Permintaan

Struktur kedua adalah permintaan, permintaan disini berarti penyampain maksud dan keinginan yang ingin dinegoisasikan. Dengan kata lain permintaan disini berarti permintaan mengenai suatu hal, barang, jasa yang ingin dibeli.

  • Pemenuhan

Maksud dari pemenuhan disini dilakukan oleh pihak yang dimintai negosiasi atau dalam negosiasi jual beli, pemenuhan disini berarti kesanggupan penjual dalam memenuhi permintaan si pembeli.

  • Penawaran

Struktur penawaran merupakan klimaks negosiasi antara pihak kedua atau lebih yang besangkutan melakukan proses negosiasi.

  • Persetujuan

Penawaran yang telah dilakukan dan mencapai hasil akhir yang disepakati, baru kemudian melakukan persetujuan bahwa hasil akhir tersebut mutlak merupakan hasil bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan.

  • Pembelian

Pembelian ini dilakukan ketika melakukan negosiasi dalam hal jual beli.

  • Penutup

Kalimat penutup biasanya berisi  salam, permintaan maaf dan juga ucapan terimakasih.

Aturan atau Kaidah Teks Negosiasi

Pengertian Text Negosiasi, Recentpedia, Contoh Negosiasi tepat

Penulisan atau pengungkapan sebuah teks atau kalimat yang mengandung nilai negosiasi tentunya ada kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan. Fungsi kaidah ini adalah untuk menyempurnakan kalimat yang digunakan agar kalimat negosiasi yang disampaikan terkesan sopan dan tidak mengundang sentiment orang yang mendengarkan. Inilah beberapa kaidah bahasa yang harus digunakan dalam menyampaikan kalimat negosiasi:

  • Tata bahasa yang santun dan sopan serta suara yang agak direndahkan supaya terkesan bersifat rendah diri sehingga tidak memicu emosi pihak lain .
  • Mengandung ungkapan persuasif (bahasa yang terkesan membujuk). Fungsinya supaya negosiasi yang dilakukan menarik dan mempengaruhi pihak lain.
  • Terdapat pasangan tuturan.
  • Terciptanya kesepakatan akhir tidak menimbulkan kerugian kedua pihak atau semua pihak jika negosiasi dilakukan oleh lebih dari 2 pihak.
  • Harus memenuhi aturan dan perintah atau kata lainnya bersifat terikat. Maksudnya adalah kesepakatan akhir negosiasi harus dijalankan tanpa kecuali.
  • Pendapat yang disampaikan bertahap artinya tidak dikeluarkan dalam satu tempo waktu saja.
  • Pendapat yang disampaikan didasari pada fakta yang dapat membuktikan bahwa argumen tersebut benar dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Mencari alasan dari pihak lain mengenai sebuah kesepakatan misalnya “mengapa setuju /tidak setuju dengan…..” dan “bagaimana jika…..”.
  • Hindari menyela ketika pihak lain menyampaikan argumennya. Maksudnya adalah memberikan hak sepenuhnya ketika pihak lain menyampaikan argumennya.

Obrolan yang mengandung teks negosiasi biasanya sudah familiar kita dengarkan dalam kehidupan bermasyarakat. Tetapi kita terkadang kurang peka dalam mengidentifikasi apakah kalimat tersebut termasuk ke dalam teks negosiasi.

Supaya lebih memudahkan dalam memahami bentuk, ciri serta penggunaan teks negoisasi berikut disajikan beberapa contoh teks negoisasi baik dalam hal formal, jual beli, larangan, bisnis, penyelesaian masalah, negosiasi dialog dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.

Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

Pengertian Text Negosiasi, Recentpedia, Contoh Text Nego

Inilah contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi. Contoh negoisasi antara Bu Asri dengan Penjual Sayuran Keliling

Suatu pagi tukang sayuran keliling yang biasa mengelilingi kompleks perumahan dimana bu Asri tinggal datang. Tukang sayur yang sudah menjDoni langganan kemudian menghampiri dan mulai mencari sayur yang diperlukan. Bu Asri langsung memilih sayur mayur dan lauk pauk yang diinginkan. Saat hendak menentukan lauk yang akan dipilih antara ikan dengan ayam, bu Asri menanyakan kepada tukang sayur mengenai kualitas kedua jenis lauk mentah tersebut.

Pedagang sayur tersebut mengatakan bahwa ikan yang dibawanya masih segar. Dan paha ayam yang dibawa tukang sayur tersebut baru disembelih tengah malam. Dengan alasan kualitas kesegaran ikan lebih baik daripada paha ayam, maka bu Asri memilih membeli ikan. Tetapi ia ingat bahwa anak dan suaminya memiliki alergi terhadap makanan laut maka ia putuskan untuk membeli ayam.

Akhirnya Bu Asri memutuskan membeli ayam dan bercakap-cakap tentang kualitas dan gizi yang terkandung dalam kedua jenis lauk tersebut, bu Asri menanyakan berapa harga yang ditawarkan tukang sayur tersebut. Setiap satu kilogram paha ayam dihargai Rp.50.000-, sedangkan satu kilogram ikan dihargai Rp.45.000-,. Menurut Bu Asri harga satu kilogram paha ayam dirasa terlalu mahal mengingat harga paha ayam biasanya lebih murah daripada dada ayam dan kondisi ayam yang disembelih semalam membuat kualitasnya menurun.

Kualitas ikan yang segar dipatok dengan harga dibawah harga ayam tersebut. Sehingga, bu Asri menawar paha ayam dengan harga Rp.35.000-, per kilogramnya. Pedagang sayur tersebut menolak dengan alasan ia tidak mendapat laba jika menjual ayamnya dengan harga yang ditawar bu Asri. Pedagang sayur menurunkan sedikit dari harga semula yakni Rp.45.000-,. Karena bu Asri masih merasa jika harga yang sudah diturunkan pun masih mahal jika dibandingkan dengan ikan.

Akhirnya Bu Asri menaikkan tawarannya menjDoni Rp.40.000-,. Pedagang sayur itu menyetujui penawaran kedua bu Asri karena dia merasa pada harga sudah termasuk modal dan laba. Di lain sisi bu Asri juga merasa harga tersebutlah yang relevan karena tingkat kualitas ayam yang melewati beberapa jam setelah penyembelihan. Kesepakatan harga pun terjDoni, kemudian bu Asri membayar seluruh sayur dan ayam yang dibelinya.

Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

 

Pengertian Text Negosiasi, Recentpedia, Contoh Nego Yang Benar

Inilah contoh teks negosiasi beserta strukturnya. Pada suatu pagi di halaman parkir sekolah, seorang satpam sekolah menegur Doni karena melakukan pelanggaran.

(Pembukaan)

Satpam : Pagi Nak Doni

Doni : Selamat Pagi juga Pak

(Isi)

Satpam : Nak Doni sudah mengetahuikan aturan sekolah yang mewajibkan memakai Helm dan menggunakan kendaraan yang memiliki kaca spion lengkap?

Doni : Sudah pak, mohon maaf saya tidak menggunakan Helm dan kaca spion sepeda motor saya tidak lengkap dikarena ini adalah motor kakak saya dan motor yang biasa saya pakai dipinjamnya beserta helm saya untuk urusan mendadak tDoni pagi buta. Akhirnya, saya terpaksa Menggunakan motor miliknya.

Satpam : Maaf sekali karena kamu melanggar salah satu aturan sekolah maka kamu harus saya bawa ke ruang BK/BP dan menjelaskan kejDoniannya disana.

Doni : Maaf pak, tapi saya hari ini ada ujian matematika pagi dan ujian IPA setelah itu. Mengapa kita damai saja pak. Saya kan hanya melakukan pelanggarana sekali saja.

Satpam : Maaf tidak bisa nak Doni, ini sudah merupakan ketentuan sekolah. Untuk ke ruang BP/BK Kamu bisa menjelaskan alasanmu nanti setelah semua pelajaran selesai. Tapi jika kamu tetap tidak mau maka, sekolah akan mengirimkan surat panggilan orang tua.

(Penutup)

Doni : Begitu ya Pak, aiklah pak, nanti setelah ujian Ipa selesai saya akan melapor ke ruang BK/BP. Saya pamit dulu pak, terimakasih.

Satpam : Sama-sama nak Doni.

Leave a Comment