Kemajuan Sains Dan Teknologi dalam Islam

Perkembangan Sains dan Teknologi dalam Islam, recenpedia

Pantaskah Islam Membicarakan Teknologi?

Kemajuan Sains Dan Teknologi dalam Islam- Islam adalah sebuah agama yang lahirnya sudah sejak dahulu, sajak manusia pertama nabi adampun agama ini sudah ada, Cuma memang Namanya belum islam tapi pada hakikatnya adalah menyembah Allah, sama seperti Islam saat ini. Agama yang di sebut agama bumi ini adalah agama yang di usung dan di perjuangkan oleh baginda Nabi Muhammad bertahun tahun abad lamanya.

Pertanyaanya sekarang adalah, apa Agama Islam adalah agama kuno yang tidak layak membicarakan soal Sains dan Teknologi ?

Pertanyaan pertanyaan tersebut kita akan bahas di artikel kali ini, silahkan komen jika ada yang perlu didiskusikan

Sebelemnya mari kita lihat terlebih dahulu, dari mana lahirnya Teknologi ini. Maka kalua kita menganalisa bahwa lahirnya teknologi ini adalah dari hasil Experiment seseorang terhadap fenomina alam, dari hasil experiment tersebut maka muncullah inovasi inovasi yang selanjutnya inovasi tersebut terus berkembang bahkan tidak aka nada akhirnya dalam perkembangannya dan itulah Teknologi.

Terus layakkah dalam hal ini Al Qur’an berpendapat atau adakah salah satu dari ayat Al- Qur’an yang membahas masalah ini?

Jawabbnya. Tentu ada!

Kalua kita mau mengkaji tentang ayat ayat Al Qur’an disitu banyak perintah perintah yang apa bila perintah tersebut diterapkan maka akan menghasilkan Teknologi itu sendiri, contohnya saja dalam Q.S Al Alaaq Allah memerintahkan kita untuk membaca. Apa yang dibaca ya tentu sesuatu yang ada di alam raya ini yang ketika itu diterapkan maka akan melahirkan teknologi. Ada lagi dalam QS Yunus : 101 dalam ayat tersebut Allah memerintahkan kita untuk memperhatikan apa yang ada di langit dan dibumi, Allah perintahkan kita untuk mengkaji apa apa yang ada di langit dan dibumi, misalnya Allah menciptakan siang dan malam, dari fenomina adanya siang dan malam tersebut maka banyak melahirkan teknologi, sepeti cahaya, pemanas, pendingan dll. Bukannya itu adalah bagian dari teknologi?

Jadi bila ada yang mengatakan Agama Islam Jauh dari perkembangan itu adalah sangat salah.

Mari kita kembali flasback pada sejarah, dimana islam menjadi agama yang berkemajuan. Ini terjadi di Andalusia yang saat ini berganti nama Spanyol, pada masa itu islam sangat maju baik dari sisi teknologi, kedokteran dan bahkan perbintangan dan ekonomi, bahkan pada masa itu banyak lahir para Ilmuan dan tokoh tokoh, dan semua itu berangkat tidak lain dan tidak bukan dari Al Qur’an, hingga dari masa kemasa perkembangan itu merambak ke Eropa bahkan ke seluruh alam, Cuma memang ada yang terus mengembangkannya ada yang tidak, Eropa berkembang karena dia mengembangkan teknologi jaman kuno menjadi teknologi modern sedang kita jarang untuk mengembangkan itu semua  padahal yang memulai penemuan penemuan tersebut adalah orang Islam itu sendiri.

Oleh karena itu Agama Islam ini merupakan agama yang sempurna yang di dalamnya sudah lengkap dan sempurna, apa yang kita inginkan sudah ada, tinggal bagaimana kita mengembangkan dan mengInovasikannya.

Leave a Comment